Mengenal FeedBurner

Mengenal FeedBurner

Hallo Sobat ZP, kali ini kita akan mengenal lebih dekat dengan FeedBurner. Muncul pertanyaan dalam benak kita apa itu FeedBurner dan apa saja kegunaannya?. Menurut Wikipedia FeedBurner adalah layanan manajemen umpan web (seputar weeb feed) yang terdiri dari RSS feed dan sebuah alat untuk mengelolanya (management tools) untuk para blogger dan podcaster serta untuk aplikasi publikasi lainnya yang berbasis web.
FeedBurner salah satu cara untuk melakukan optimasi seo onpage yang direkomendasikan karena dengan FeedBurner ini banyak sekali keuntungan yang Sobat ZP dapatkan karena akan memudahkan website atau blog Sobat ZP untuk cepat terindex oleh Google terlebih lagi FeedBurner adalah salah satu layanan yang dimiliki oleh Google sendiri.

Layanan ini pun menyediakan analisis lalu lintas pengunjung situs dan sistem periklanan yang dapat dipilih. FeedBurner memiliki banyak fitur. FeedBurner lebih cocok untuk digunakan pada web dengan alasan:
  • Dapat mempublikasikan konten dan orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe.
  • Mengoptimalkan pendistribusian feed karena formatnya ini lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.
  • Selain itu user dapat melakukan analisis terhadap traffic yang berlangganan feed, seperti melihat sejumlah subscriber darimana asalnya dan apa yang disukai.
Tutorial Membuat FeedBurner

Nah setelah Sobat ZP mengenal tentang FeedBurner, selanjutnya bagaimana cara membuat FeedBurner untuk web atau blog kita, ikuti tutorial berikut ini:

  • Kunjungi alamat link berikut: http://feedburner.google.com
  • Login dengan account Rinfo (untuk mahasiswa STMIK Raharja) atau account Google.
  • Pada tampilan awal silahkan masukan alamat feed blog anda atau URL blog anda, selanjutnya klik next


  • Selanjutnya tentukan pilihan terhadap identifikasi sumber dari feed, pilihannya ATOM atau RSS




  • Selanjutnya blog yang telah Sobat ZP masukan akan diverifikasi. Berikut ini adalah proses setup bahwa FeedBurner akan menerapkan beberapa layanan yang paling populer atau Feed baru (tentunya Sobat ZP dapat mengubah atau menghapusnya). Feed ini akan diaktifkan di account FeedBurner Sobat ZP. Sobat ZP juga dapat mengatur beberapa statistik traffic dan podcasting services.


Selanjutnya akan muncul halaman Congrats! bahwa Feed yang telah kita buat tadi tinggal beberapa proses lagi selesai. Pada proses ini disertakan link untuk berlangganan feed Sobat ZP untuk berbagi dengan orang lain. Pastikan link feed tersebut sudah Sobat ZP ingat dan catat


Selanjutnya Sobat ZP akan diberikan beberapa pilihan, dan ikuti saja seperti gambar berikut ini:



  • Jika terdapat seperti gambar di bawah maka feed sudah selesai kita buat. Di dalam halaman ini Sobat ZP dapat melihat menu Analyze, Optimize, Publicize dan Troubleshootize.




Mengaktifkan FeedBurner di Blog

  • Buka blog anda dan pilih dashboard >> Setelan >> Lainnya >> Tambahkan seperti gambar berikut ini:

  • Selanjutnya buka website feedburner.google.com
  • Klik pada tab Publicize >> PingShot

 
Klik Activate untuk mengaktifkan PingShot


Selanjutnya akan muncul This service is active.

Demikian artikel tentang Mengenal FeedBurner semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat ZP.
Terima kasih.

0 Response to "Mengenal FeedBurner"

Post a Comment